Migrasi Zimbra Mail ke Carbonio CE dengan Imapsync

A. Pendahuluan

Masih membahas tentang Migrasi Zimbra Mail ke Carbonio CE, namun kali ini berbeda metode seperti pada post sebelumnya dimana pada pembahasan ini Migrasi Zimbra Mail ke Carbonio CE dengan Tool Imapsync.
Nah apa itu imapsync ? Dikutip dari laman resminya, imapsync adalah tool transfer IMAP. Tujuan imapsync adalah untuk melakukan migrasi akun IMAP atau membuat backup akun IMAP. Selain itu imapsync adalah tool CLI yang dapat mengizinkan transfer IMAP secara incremental dan recursive antar mailbox. Maksud incremental disini adalah ketika Anda restart proses imapsync maka pesan atau email akan update dan tidak akan terjadi duplicate email. Sedangkan yang dimaksud recursive berarti hirarki folder secara lengkap dapat dicopy.

Namun ada hal yang tidak bisa dilakukan oleh imapsync ini, salah satunya yakni imapsync tidak bisa transfer data kontak dan kalender. Sehingga Anda harus melakukan transfer/copy dengan cara manual atau bisa menggunakan tool ldap dari zimbra.

Sebelum melakukan migrasi, pastikan Anda sudah menginstall Carbonio CE terlebih dahulu. Untuk menginstallnya bisa mengikut panduan saya sebelumnya disini. Setelah Anda menginstall nya, silakan siapkan tool imapsync nya. Disini saya menggunakan beda VM, kenapa demikian ? Agar ketika proses migrasi nanti tidak mengganggu performa dan aktifitas mail server yang berjalan.

Setelah Anda berhasil menginstall tool imapsync, pastikan Anda mengetahui IP Address masing-masing VM Zimbra maupun Carbonio CE atau Anda bisa menggunakan record MX kedua VM tersebut untuk digunakan ketika proses migrasi nanti. Sebelum Anda mulai migrasi, pastikan sudah mengetahui password masing-masing user atau jika tidak mengetahui passwordnya, Anda bisa melakukan reset semua password user email dan tentunya reset dengan password yang kompleks (terdiri dari huruf besar, kecil, tanda baca dan spesial karakter).

Syarat yang berikutnya, pastikan Anda sudah create semua user email di VM Carbonio CE. Nah di Zimbra maupun Carbonio CE sudah disediakan tool export dan import domain beserta akunnya sehingga Anda tidak perlu create user dan password satu persatu secara manual. Silakan melihat postingan saya sebelumnya mulai dari point 1 sampai 8.

B. Proses Migrasi

  1. Setelah Anda berhasil export dan import semua domain beserta akunnya di VM Carbonio CE, Anda bisa mulai melakukan migrasi Zimbra Mail ke Carbonio CE dengan tool imapsync. Jika email yang dimigrasikan sedikit, bisa langsung menggunakan perintah sebagai berikut :
imapsync \
--nosyncacls --subscribe --syncinternaldates \
--host1 [IP Address Zimbra Mail] --user1 [[email protected]] --password1 [password_user1] --ssl1 \
--host2 [IP Address Carbonio CE] --user2 [[email protected]] --password2 [password_user2] --ssl2

Contoh :

imapsync \
--nosyncacls --subscribe --syncinternaldates \
--host1 172.16.16.10 --user1 [email protected] --password1 K3n@L!nux --ssl1 \
--host2 172.16.16.20 --user2 [email protected] --password2 K3n@L!nux --ssl2

Untuk info detail parameter imapsync bisa merujuk kesini.

Apabila tidak ada error, maka outputnya akan seperti ini :

  1. Jika akun email yang dimigrasikan jumlahnya banyak, maka Anda bisa menggunakan script untuk melakukan migrasi akun email secara massif. Berikut contoh scriptnya :

vim imapsync.sh

#!/bin/bash

# Source and destination mail server setting
SERVER1=[IP Address Zimbra Mail]
SERVER2=[IP Address Carbonio CE]
# Select appropriate auth mechanism.
#AUTHMECH1="--authmech1 LOGIN"
#AUTHMECH2="--authmech2 LOGIN"

# Uncomment if you want to start test/dryrun only. No emails will be transfered!
#TESTONLY="--dry"

# Path to imapsync
imapsync=/usr/bin/imapsync

# Users file
if [ -z "$1" ]
then
echo "No users text file given." 
exit
fi

if [ ! -f "$1" ]
then
echo "Given users text file \"$1\" does not exist" 
exit
fi

# start loop
{ while IFS=';' read  u1 p1 u2 p2; do
  $imapsync --nosyncacls --subscribe --syncinternaldates ${TESTONLY} ${AUTHMECH1} --host1 ${SERVER1} --user1 "$u1" --password1 "$p1" --ssl1 ${AUTHMECH2} --host2 ${SERVER2} --user2 "$u2" --password2 "$p2" --ssl2
done ; } < $1
  1. Selanjutnya silakan masukkan akun email asal dan tujuan beserta passwordnya pada sebuah file, contoh disini namanya mail-users.txt.
    vim mail-users.txt

Formatnya :

user1;password_user1;user2;password_user2
dan seterusnya.

Contoh :

[email protected];K3n@L!nux;[email protected];K3n@L!nux
[email protected];K3n@L!nux;[email protected];K3n@L!nux
[email protected];K3n@L!nux;[email protected];K3n@L!nux
[email protected];K3n@L!nux;[email protected];K3n@L!nux
  1. Langkah berikutnya, silakan buat file imapsync.sh menjadi executable :
    chmod +x imapsync.sh
  2. Lakukan migrasi dengan perintah :
    ./imapsync.sh mail-users.txt
  3. Tunggu proses migrasinya hingga selesai, lama tidaknya bergantung dengan ukuran akun email.
  4. Jika tidak ada kendala/error maka outpunya seperti berikut :

enter image description here

C. Verifikasi

Apabila migrasi sudah selesai, silakan verifikasi before-after nya apakah masing-masing akun email di VM Carbonio CE sudah sesuai dengan VM Zimbra Mail atau belum. Anda bisa buka akun email di Carbonio CE, sebagai contoh berikut evidencenya :

a. Before
enter image description here

b. After
enter image description here

Pastikan masing-masing folder seperti folder Inbox, Sent, Junk/Spam sama dengan yang ada di akun Zimbra Mail. Jika sudah sesuai, berarti proses migrasinya berhasil dan Anda bisa melanjutkan dengan pointing domain ke IP VM Carbonio CE.

D. Kesimpulan

Itulah cara melakukan Migrasi Zimbra Mail ke Carbonio CE dengan tool Imapsync. Perbedaan dengan metode sebelumnya adalah tool imapsync ini tidak bisa meakukan transfer data kontak dan kalender. Sehingga Anda harus melakukan transfer data kontak dan kalender secara manual seperti menggunakan tool ldap. Selain itu untuk melakukan troubleshooting lebih effort karena metode ini bisa dibilang metode migrasi email secara manual. Adapun kejadian atau issue yang terjadi menggunakan tool imapsync ini seperti port SSL tidak open, data password user invalid, ukuran attachment lebih besar, dsb. Sehingga Anda harus memastikan tidak ada issue sama sekali baru proses migrasi email bisa dilanjutkan.

Tapi jangan kuatir, jika Anda membutuhkan bantuan migrasi Zimbra Mail ke Carbonio CE dengan tool Imapsync, Anda tinggal menghubungi saya melalui link kontak disini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Verified by MonsterInsights